Kertas Printer Kasir Sidareja

Cara Kerja Printer Thermal / Printer Kasir


Kertas Printer Kasir Sidareja


Seiring perkembangan zaman dan tekhnologi saat ini, printer berkembang menjadi lebih banyak jenisnya dalam dunia percetakan. Salah satunya ialah Thermal Printer.Thermal printer benar-benar berbeda dan berbeda sekali dari printer inkjet normal atau pun printer laser. Printer ini diperkenalkan pada 1970-an. Thermal printer menggunakan panas untuk mencetak di atas kertas, bukan kartrid tinta yang lazim digunakan  oleh printer tipe lainnya. Ia juga memiliki cara kerja pencetakan yang berbeda dari printer biasa. cara kerja ini  serupa sebagaimana yang digunakan oleh mesin seperti faks, label printer, mesin ultrasound dan mesin bar code.


Thermal printer mengandung empat bagian utama. tipe lebih baru dari thermal printer menggunakan Printer Ribbon Cartridge, bukan catridge biasa yang digunakan untuk mencetak sebagaimana catridge catridge yang terpasang pada printer inkjet. Thermal printer membutuhkan kertas yang sensitif terhadap panas atau termal. Kertas tersebut dimasukkan ke dalam printer, saat digunakan printer mengirimkan sebuah arus listrik, yang menyebabkan printer menghasilkan panas. Panas thermal printer ini akan mengaktifkan lapisan panas ke kertas. Panas itulah yang membentuk cetakan pada kertas yang sudah terpasang pada printer termal ini. printer jenis ini sudah umum digunakan terutama untuk pencetakan struk belanja pada toko-toko kelontong atau mini market.


Dengan berkembangnya jaman model-model baru dari printer ini sudah berkembang, saat ini sudah ada printer yang menggunakan tinta katrid pita. Lilin atau resin adalah kandungan yang ada pada katrid pita tersebut. ketika diaktifkan oleh panas bahan tersebut akan meleleh membentuk pola atau gambar maupun teks.



Proses yang digunakan pada printer thermal ini menggunakan panas dalam menjalankannya. untuk digunakan sebagai printer kasir ini, printer jenis thermal ini lebih efisien dibanding printer dot matrik karena lebih ekonomis. ukuran printer ini juga bisa dibilang tidak terlalu besar sehingga tidak memakan tempat dibanding dengan printer pada umumnya. printer ini tidak memerlukan perawatan khusus seperti printhead yang mampet karena tinta seperti yang terjadi pada printer dengan basis ink jet.

Sekian dulu penjelasan mengenai printer thermal yang digunakan pada mesin-mesin kasir atau pada mesin-mesin pom bensin. Kami jual kertas printer kasir di sidareja dengan ukuran lebar 80 mm diameter 80, bila anda sedang mencarinya saat ini silahkan datang saja ke Arjuna Printshop Sidareja (Dpn. SMA Nasional Sidareja).