Bagaimana cara untuk memilih undangan pernikahan yang baik.

Bagaimana cara untuk memilih undangan pernikahan yang baik.

Setelah menetapkan tanggal pernikahan dan tema pernikahan. keputusan selanjutnya adalah memilih undangan pernikahanmu. dengan begitu banyak jenis dan model undangan pernikahan dengan bermacam pula pilihan harga. pilihan seperti ini yang seringkali membuat keputusan menjadi sulit untuk menentukannya. oleh karena itu kami akan mencoba memberi kamu masukan atau ide guna memilih undangan pernikahan yang baik.



Berapa banyaknya orang yang akan diundang.
kamu mungkin belum memutuskan berapa jumlah pastinya tamu yang akan diundang, tetapi setidaknya kamu sudah memiliki gambaran jumlah tamu yang nanti akan diundang. seperti sekitar 100 atau antara 200 hingga 300 undangan. masing-masing calon mempelai baik calon mempelai pria maupun wanita mungkin memiliki keinginan dan dan rencana tentang konsep pernikahan mereka. kedua mempelai harus seiring dan seirama merencanakan jumlah tamu yang akan diundang nantinya, baik itu resepsi pernikahan dengan skala kecil yang hanya mengundang keluarga atau sanak kerabat saja. atau model pernikahan dengan skala yang  besar yang nantinya akan mengundang relasi, rekan kerja dan banyak lagi tamu undangan nantinya. dengan perkiraan banyaknya tamu yang hadir nantinya akan lebih mudah untuk memutuskan anggaran yang harus dipersiapkan di dalam resepsi pernikahan yang akan kita gelar nantinya.

Anggaran
sisihkan sekitar 3% dari total anggaran pernikahanmu saat merencanakan biaya undangan pernikahan kita nantinya. biaya anggaran pernikahmu akan lebih terencana bila di persiapkan dengan matang sebelumnya.

Rencanakan dan pesan lebih awal undagan pernikahamu.
ada baiknya dimulai lebih awal saat memilih undanan pernikahanmu. kamu dan pasanganmu perlu waktu lebih untuk mendiskusikan dan memilih berbagai pilihan dan jenis undangan pernikahan.
jika kita pesan undangan pernikahan lebih awal dapat dimungkinkan kita bisa meminta contoh undangan pernikahan. setidaknya sekitar 6 bulan sebelumnya kita sudah memilih dan memesan undangan pernikahan kita. hal tersebut diperlukan agar kita dapat memiliki waktu untuk memeriksan dan memperbaiki apabila ada kekeliruan pada undangan pernikahan kita.
selain itu dengan waktu yang memadai kita dapat lebih tenang dalam membagi atau mengirimkannya kepada sanak kerabat kita yang jauh. jika perlu tambahilah jumlah undangan yang kita pesan untuk menghindari apabila undangan yang kita pesan ternyata kurang dikemudaian hari.

Jenis undangan pernikahan
ada tiga atau emat jenis pencetakan undangan yang populer, calon mempelai dapat memesan undangan pernikahan tersebut. harga untuk jenis pencetakan undangan sangat beragam dan bervariasi. berikut adalah beberapa jenis teknik mencetak undangan, baik undangan pernikahan maupun undangan khitanan.
termografi.
undangan pernikahan jenis ini relatif murah, populer dan mudah ditemukan. undangan jenis ini dapat digunakan untuk jenis resepsi p;ernikahan yang sederhana.
cetak offset.
jenis pencetakan sistem offset ini terlihat sederhana, namun apabila diolah dan dikemas dengan baik maka hasil cetak dengan metode offset ini dapat terlihat secara elegan.

Engraved atau ukir
undangan pernikahan jenis ini biasanya lebih mahal dari kedua teknik undangan yang telah disebutkan diatas. undangan jenis engraved ini cocok untuk jenis pernikahan yang resmi. undangan jenis ini biasanya juga digunakan untuk menggambarkan pernikahan dengan nuansa tradisional. undangan jenis engraved ini lebih mahal karena dulu dibuat secara manual dengan tingkat kesulitan dan ketelitian yang tinggi. namun sekarang telah ada beragam mesin cnc yang bisa mengukur di berbagai media seperti marmer, kayu, acrylic dsb.

Undangan pernikahan dengan gaya timbul atau embosed.
undangan dengan jenis timbul ini akan terlihat lebih mewah namun undangan ini akan mahal juga. bagian yang di embose akan terlihat timbul terangkat dari kertas.

Kaligrafi
undangan ini akan terlihat elegan apabila dikerjakan oleh tangan yang profesional dan memiliki jiwa seni yang tinggi. untuk sekarang ini mencari orang yang sudah terbiasa membuat undangan jenis ini akan lebih sulit dibanding dulu. namun sekarang bisa disiasati dengan mencetak undangan menggunakan printer sehingga untuk membuat undangan kaligrafi ini sudah tidak sesulit dulu lagi.



Arjuna Prinshop sidareja menerima pembuatan undangan sorogan untuk wilayah Sidareja, Cipari, Gandrung, Kawunganten, Kampung laut, Kedungreja, patimuan dsb. silahkan diskusikan kepada kami jenis undangan yang kamu inginkan.