Ketahui hasil belang pada mesin fotokopi milikmu...

Ketahui dahulu penyebab dan cara mengatasi hasil belang pada mesin fotokopimu...
Mumet saat mendapati hasil fotocopy yang belang sering kali kita dialami oleh kita yang masih awam tentang mesin fotocopy itu sendiri. sering kali kita belum menemukan solusi dari masalah tersebut. bisa jadi masalah yang terjadi dari mesin dikarenakan oleh beberapa part yang sudah jelek dan memang perlu untuk diganti dengan yang baru atau harus dibersihkan.

pada seri-seri tertentu seperi seri NP6551 atau sejenisnya bisa terjadi hasil fotocopy belang karena dari beberapa faktor seperti berikut:

1. Corona yang sudah kotor.
kita perlu cek bagian corana, sebagaimana corona wayer pada mesin fotocopy, ceklah kondisinya, bila sudah menghitam dan perlu diganti-maka gantilah dengan sparepart yang baru, bila cukup dibersihkan maka buka dan bersihkan corona wayer tersebut .



2. Developing
magnet roll yang sudah aus bisa mengakibatkan hasil fotocopy menjadi belang untuk itu sobat bisa cek pada bagian developing mesin fotocopy kita.

3. Tidak rata pada roll regist
bila kita lihat dan kita raba kondisi rool regist sudah tidak rata serta renggang sebaiknya gantilah roll regist untuk mengatasi hasil fotocopy belang pada mesin kita.

4. Belang atau kotor pada drum
Dikarenakan fungsi drum sendiri sangat penting pada mesin fotocopy, penyebab belang pada mesin bisa jadi dikarenakan kondisi drum yang kotor, untuk itu kita bisa menggunakan cairan braso untuk membersihkannya, perlu di ingat sebelum memasang drum tersebut, pastikan agar kondisinya benar-benar kering.

5. pastikan settingan program mesin fotocopymu sudah sesuai
cek setingan programnya, pastikan tidak ada yang berubah pada pengaturannya, karena bisa jadi hasil belang tersebut dikarenakan settingan program yang berubah. berikut cara untuk mengecek apakah settingan programnya berubah atau tidak...
1. Masuk ke SAVE MODE (*28*)
2. Copier
3. Klik ADJUST
4. Klik Develope
5. Rubah BIAS ( semakin tinggi angka, maka semakin hitam hasilnya)
6. Rubah HVT-DE ( Set misal -20,, angka ini biasa saya gunakan dan hasilnya bagus)
7. kembali kemenu awal lalu matikan mesin lalu hidupkan kembali,

6.Cek apakah kertas yang digunakan lembab.
tidak menempelnya toner dengan sempurna pada kertas dapat menyebakan hasil fotocopy terlihat belang, biasanya hal tersebut terjadi pada kertas yang lembab. untuk itu pastikan kertas yang digunakan kering dan tidak lembab.

7. sebagai langkah terakhir dapat menguras toner di developer
dengan toner lama dikuras terus diganti yang baru pada developer mesin fotocopy diharapkan mesin fotocopy sudah tidak belang lagi..., tujuan menguras toner dikarenakan bisa jadi toner yang lama tidak cocok digunakan, sudah menggumpal atau memang kualitas tonernya yang kurang baik kualitasnya.

Ketika anda mencari mesin fotocopy yang sesuai dengan kebutuhan anda, silahkan mampir ke Arjuna Fotocopy Sidareja. kami siap membantu pengadaan mesin fotocopy anda.