Tak ada salahnya belajar dari pengalaman saat mesin IR 5000 hasil terlihat buram

Print Shop Sidareja
Yang saya maksudkan hasil fotocopy terlihat buram disini bukan karena saya memakai kertas yang buram lho..


Terkadang hal-hal yang tidak kita sangka, tidak terbesit sebelumnya dalam pikiran kita dan tidak semua problem mesin yang satu bisa kita terapkan pada problem mesin yang lainnya pada masalah Hasil fotocopy buram pada mesin IR 5000.


Baiklah mari kita coba pelajari bersama kenapa hasil mesin fotocopy terlihat buram... Buram yang dimaksud disini terlihat tipis seperti toner dalam developer sudah mau habis. Tentunya hasil fotocopy dari mesin tersebut tidak akan mau bila hasilnya kita serahkan pada pelanggan kita.


Bila fotocopy buram tersebut membentuk pola yang tidak teratur dan terlihat menyebar saya curiga board HVTnya sudah mulai kena, namun itu juga masih dugaan.., setelah searching untuk mencari tahu harga dari sebuah komponen board HVT, saya baru tahu bila harga HVT lumayan mahal, oleh karena itu saya coba untuk melepas board tersebut. Dan kita lihat bila mana ada jalur solderan yang putus atau ada kapasitor yang sudah mulai menggelembung, untuk memastikan dan biar lebih yakin lagi, kita pertebal solderan yang ada pada board tersebut.


Ok kita lanjutkan setelah di test rupanya masih seperti itu, apa mungkin karena drum yang dingin sehingga pemanas pada drum tidak merata?. Bisa jadi?, namun juga harus dipastikan dulu apakah benar komponen tersebut yang rusak. Tidak mudah untuk melepas pemanas drum tersebut, karena selain komponen tersebut gampang pecah, proses pelepasan dan pemasangannya juga bisa dikatakan butuh usaha ekstra.


Setelah kita amat-amati komponen pemanas dan yang lainnya saya sempat heran dan pandangan saya tertuju pada separator wire yang terlihat tidak biasanya. Separator wire tersebut seakan-akan tidak kencang lagi. Dan ini bisa jadi menjadi penyebab masalah hasi foto copy terlihat buram. Karena kita sama sama tahu bahwa tinta yang menempel pada drum tersebut dikarenakan corona bawah bisa berfungsi dengan baik. Drum akan menjadi lemah untuk menarik toner agar dapat menempel bila arus tidak yang didapatkan dari connector HVT tadi kendor dan tidak terhubung dengan baik.